Kuliah bersama Dosen Stress…!!!

3 October 2008

Materi 01-03

Filed under: Materi — danangjunaedi @ 10:32

 Apaan sih programming or pemrograman? Ngapain juga kita harus belajar “mahluk” yang satu ini? Lagian banyak mahasiswa Informatika yang kadang suka dibuat BeTe ma programming malahan lebih parah lagi banyak yang ”kepaksa” harus rajin mengulang ne pelajaran, so kenapa kita harus ikutan terlibat ribet juga?

Bheu saya juga ngerasain hal yang sama kok, tapi coba kita liat asal-usulnya. Ehm buat mempersingkat aja ya kita pasti tau n dah kenal dengan yang namanya komputer kan? Banyak hal yang bisa dilakuin dengan bantuan komputer, apa aja? (jawab n pikirin sendiri aja). Nha si komputer ini sebenernya adalah suatu mesin, n yang namanya mesin kagak bisa kerja or melakukan sesuatu kalo ga diberi perintah or instruksi ma manusia. Ga percaya? Coba temen-temen naek lift trus treakin tuh lift ”Hoi naek ke lantai 5 euy?” dijamin tuh lift ga akan naek, kenapa? Ya iyealah lha wong lagi di lantai 6, kan harusnya bilang turun bukan naek…???(tuh kan mulai stress hehehe) sebenernya semua mesin or alat-alat elektronik bakalan mengerjakan sesuatu setelah kita beri instruksi atau perintah, caranya gimana? Cari aja tombol-tombol yang ada di tuh mesin, yrus pencetin satu-satu liat apa yang terjadi (btw kerusakan akibat perbuatan anda bukan tanggung jawab saya OK).

Halah sebelum tambah ngelantur mari kita lanjutkan ke jalan yang benar. Komputer yang termasuk sebangasa mesin juga harus kita kasih perintah or instruksi biar perangkat keras (hardware) yang terintegrasi (halah apa ini pokoknya maksudnya semua perangkat yang nyambung ma tuh komputer aja lah) bisa digunakan n ngerjain apa yang kita pengen, nha kumpulan instruksi or perintah itu disebut dengan program, jaaadi programming or pemrograman adalah proses yang dilakukan untuk membuat program.

Sama seperti kita juga komputer punya bahasa sendiri n kita mau ga mau harus bisa pake tuh bahasa biar si komputer bisa ngerti apa yang kita omongin n kita juga bisa ngerti apa yang komputer omongin singkatnya mah kita n komputer bisa saling berkomunikasi gitu lah. Bahasa komputer aias bahasa mesin sebenernya mah cuman terdiri dari 0 n 1, cuman amit-amit aja kalo kita harus bikin kumpulan instruksi or perintah menggunakan kombinasi angka 0 n 1 (biarpun ada juga yang suka lho). Nha karena kemajuan teknologi n biar orang lebih mudah membuat kumpulan intruksi or perintah ini maka munculah Bahasa Pemrograman.

Khusus untuk materi ini bahasa yang kita pake adalah bahasa C or C++. Nha dengan bantuan C or C++ ini lah instruksi or perintah yang kita berikan bakalan di translate or diterjemahin ke bahasa mesin, sehingga kita bisa bikin komputer ngelakuin apa yang kita mau. Taapi kok muncul istilah ERROR? Sebenernya error terjadi karena ada kesalahan instruksi or perintah yang kita buat so si komputer jadi melakukan kesalahan juga, sama aja kale kaya kita hehehe….

Nha kalo mo bikin program kita harus ngapain dulu ne? Ada beberapa hal yang harus kita lakuin, diantaranya :

  1. Kita harus tau n jelas dulu ne komputer mo disuruh apa ma kita or dengan kata lain pahami dulu kasus or permasalahan yang mo kita selesaikan dengan bantuan komputer, kalo kita aja gak ngarti apalagi komputer

  2. Nha kalo kita dah paham coba bikin skenario gimana cara nyelesein tuh masalah. Biar lebih gampang tulis dalam bentuk pseudocode tapi kalo mo pake cerita juga ga apa-apa. Tahap ini bahasa kerennya disebut dengan membuat Algoritma alias sketsa program. Susah ga sih? Ya susah-susah gampang, tapi kalo kita dah bikin algoritmanya kita bakalan lebih mudah bikin programnya. Ntar deh kalo sempet aku coba bikin materi buat algoritma juga, sementara ini anggap aja temen-temen dah bisa algoritma (tapi kalo blon bisa juga ga apa-apa, setidaknya temen-temen bisa bikin urutan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah dengan bahasa temen-temen sendiri)

  3. Baru temen-temen bisa mulai bikin program, eits…tunggu dulu, langkah-langkah yang dah temen-temen susun harus kita tulis sesuai aturan yang sudah ditetapkan oleh yang bikin bahasa pemrograman, nha aturan-aturan ini desebut juga dengan sintaks bahasa pemrograman. Masing-masing bahasa pemrograman memiliki sintaks yang berbeda-beda, yang mau ga mau harus kita kenal or lebih parah lagi harus kita hapal (jangan takut, makin sering kita pake ne sintaks ntar juga hapal, inget khususnya buat yang muslim, dulu kita kan ga hapal bacaan solat, tapi pas kita sering sholat lama-lama kita hapa juga kan?Blon juga? Makanya sholat atuh, kalo ada yang kita taksir pasti kita berusaha buat memberikan apa yang dia mau, padahal sodara bukan n dia ga ngasih makan kita, trus Allah aja dah mentingin n ga pernah bosen buat ngurusin kita, lho kitanya cuman diminta buat sholat aja susahnya minta ampun, yah…yah sholat yah…!!! (halah jadi ceramah…!!!)

  4. Kalo program dah dibuat kita harus test apakah dah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Nha disini kita harus ngecekin ada salah ga ya dengan instruksi or perintah yang dah kita buat tadi or ada yang salah ga dengan hasilnya? kalo ada yang salah kita harus benerin, nha proses buat mencari kesalahan program n melakukan perbaikan terhadap kesalahan itu disebut dengan proses or tahap debugging.

  5. Setelah beres di test ya udah artinya program yang kita buat dah siap pakai, tinggal pake aja dah tuh program or bahasa kerennya tahap implementasi or running program.

Neeeext….

Sekarang langsung aja kita cari tau gimana sih caranya bikin program pake bahasa C or C++…!!! Siap…bersedia…buka buku trus baca sendiri…hehehe…

OK yang pertama kita harus ngikutin struktur dari bahasa C or C++, strukturnya adalah sebagai berikut

#include <library header>

int main()

{

           xxxxxxx;

yyyyyyy;…dst

return 0;

}

Eh iya lupa, dalam bahasa C or C++ ada beberapa instruksi or kumpulan perintah yang sudah digabung dalam kamus-kamus perintah yang disebut sebagai library header, nha perintah #include fungsinya adalah biar bahasa C or C++ nyiapin kamus perintah yang mo kita pake. Trus ada kamus perintah or library header apa aja? Hehehe coba explore sendiri ya tapi ntar saya usahain kalo saya pake suatu perintah pasti saya cantumin library header yang dipake, so jangan langsung kecewa n bunuh diri ya…(halah lebay)

int main() adalah blok yang bakalan diisi dengan kumpulan instruksi or perintah yang dah kita susun langkah-langkahnya tadi. So xxxxxxx n yyyyyyy ceritanya adalah instruksi or perintah yang kita buat, tapi ntar ganti ma instruksi or perintah sesuai yang dah kalian rancang ya. Eh sebelum lupa, setiap instruksi or perintah dalam bahasa C or C++ pasti harus diakhiri dengan tanda titik koma (;) n selain itu huruf besar n huruf kecil di sini ngaruh banget alias case sensitive, jadi ga cuman manusia yang sensitive tapi bahasa C or C++ juga hehehe.

OK buat tau sejarah bahasa C or C++ silahkan donlod n baca materi minggu-02

 

DATA

Halah apa pula ini? Hehehe seperti kita kalo kita kerja kita butuh tempat buat kerja, nantinya tempat-tempat ini bakalan kita isi dengan sesuatu, apa isinya? Ya tergantung kebutuhan kita dong…, nha dalam komputer tempat-tempat ini disebut sebagai media penyimpanan. Tapi namanya kerja kadang kita ga bisa dalam satu tempat yang sama kan?kita juga butuh privasi, makanya dibuat ruangan-ruangan khusus buat kita kerja, trus biar orang ga salah masuk tuh ruangan kan harus dikasih nama juga. Begitu juga dengan tempat-tempat dalam media penyimpanan. Komputer menyediakan dua jenis media penyimpanan yaitu yang internal n yang eksternal. Bedanya adalah kalo yang internal sifatnya sementara atau dengan kata lain tuh tempat kalo kerjaannya dah beres langsung dibongkar biar bisa dibikin ruangan baru. Trus kalo yang eksternal sifatnya permanen alias biarpun kerjaanya dah beres tuh ruangan bakalan tetep ada.

Trus urusan apa kita dengan data? Sebenernya kita sebagai programmer selain harus mikirin urutan instruksi or perintah, kita juga harus mikirin tempat yang harus kita sediakan untuk pekerjaan tadi, termasuk didalamnya ukuran tuh tempat, nama tuh tempat n kira-kira bakalan diisi apa.

Yang pertama urusan nama data, buat ngasih nama data harus dimulai dengan alfabet ga boleh yang laen, boleh diakhiri ma angka, trus kalo mo bikin nama lebih dari satu kata jangan lupa untuk memisahkan kata harus pake garis bawah (_), usahakan memberi nama data sesuai dengan fungsinya so biar begitu kita liat nama tuh data kita dah bisa tau kira-kira ne data bakalan dipake buat apa.

Yang kedua urusan ukuran n isi data, nha buat yang satu ini bahasa pemrograman dah ngasih standar ukuran yang sekaligus juga nentuin sapa yang bisa masuk kesitu apakah berupa angka or huruf or logika (true or false), btw jangan mikirin bisa masukin manusia apalagi gajah kesitu ya…tau kale RAM or Harddisk segede apa, mo tuh orang or gajah diblender juga ga akan masuk hehehe….(dasar psikopat…!!!)

Buat lebih jelasnya lagi tentang data, temen-temen baca di materi minggu-02 ya

 

OPERATOR

Kadang kita bakalan mengolah beberapa data yang kemudian bakalan dijadikan satu kesatuan, untuk itu kadang juga kita butuh operator untuk hal ini. Sooo operator tugasnya adalah melakukan operasi terhadap beberapa data. Trus ada operator apa aja sih? Kalo buat data yang isinya berupa angka operator yang dipake adalah operator perhitungan or aritmatika, kalo pengen hasilnya berupa true or false bisa pake operator perbandingan n logika, kalo pengen yang lainnya yah carilah sendiri aja ya. Materi minggu-03 bakalan ngebahas mengenai operator-operator ini, so baca ya….selain itu juga baca buku yang laen juga n trus dicoba biar lebih ngerti lagi.

 

INPUT & OUTPUT

Tadi kita dah bikin ruangan-ruangan dalam media penyimpanan, biar ruangan-ruanagn itu terisi sesuatu kita harus memasukan sesuatu or nilai kedalamnya, nha proses untuk masukin nilai ini disebut proses input. Sebaliknya kalo kita pengen liat ada apa dalam suatu ruangan trus kita kasih tau ke orang lain isinya, proses ini disebut proses output. Tentu saja untuk input dan output dah disediakan instruksi or perintahnya, diantaranya

  1. Perintah dalam library header : stdio.h (bisa dipake pada program bahasa C dan C++)

Perintah untuk input adalah scanf(“%formatdata”,&NamaData);

Perintah untuk output adalah printf(“%formatdata”,NamaData);

formatdata, fungsinya adalah untuk menentukan isi dari ruangan yang bakalan diisi or dilihat (yang namanya di contoh di atas adalah NamaData). Liat materi minggu-02 n minggu-03 ya buat tau ada format data apa aja. Kelebihan untuk perintah input dan output menggunakan library header ini adalah kita bisa mengatur format or bentuk data cumin yang jadi kekurangan adalah ribet ya standar lah kalo mo bagus kadang emang harus ribet kan? Hehehe

Eh iya dalam satu perintah input or output kita ga cumin bisa ngelibatin satu data aja tapi bisa juga lebih dari satu data, so penulisannya jadi

Perintah untuk input : scanf(“%formatdata1 %formatdata2 …%formatdataN”,&NamaData1, &NamaData2,…, &NamaDataN);

Perintah untuk output : printf(“%formatdata1 %formatdata2 …%formatdataN”,NamaData1, NamaData2,…, NamaDataN);

  1. Perintah dalam library header : iostream.h (sebaiknya cuman dipake buat yang bahasa C++ aja)

Perintah untuk input adalah cin>>NamaData;

Perintah untuk output adalah cout<<NamaData;

Kelebihan perintah input dan output pada library header ini jauh lebih sederhana coz kita ga perlu musingin format data cumaan kekurangannya, kalo kita emang dipaksa untuk menghasilan or memasukan nilai dengan format tertentu wuih asik dah bakalan lebih ribet dibandingkan perintah input dan output pada library header stdio.h

  1. Perintah dalam library header : conio.h (sebaiknya cuman dipake buat yang bahasa C++ aja)

Perintah untuk input adalah

NamaData=getchar(); //hanya bakalan disi dengan 1 karakter

NamaData=getche(); //hanya bakalan disi dengan 1 karakter

NamaData=getch(); //hanya bakalan disi dengan 1 karakter

NamaData=gets(); //hanya bakalan disi dengan >1 karakter (kalimat)

Perintah untuk output adalah

putchar(NamaData); //hanya menampilkan 1 karakter

puts(NamaData); //hanya menampilkan >1 karakter (kalimat)

Kelebihan perintah input dan output pada library header ini jauh lebih sederhana lagi cumaan kekurangannya adalah kita dipaksa menerima format data yang ada kagak bisa melakukan modifikasi lagi seperti dalam perintah input dan output pada library header stdio.h dan iostream.h

Jadi kapan kita pake perintah input dan output di atas?Jawabannya adalah tergantung kebutuhan hehehe…. Liat materi minggu-03 ya buat contohnya

1 Comment »

  1. […] Intro untuk Week 1 – 3 […]

    Pingback by Perkuliahan Pemrograman I (Terstruktur I) « Kuliah bersama Dosen Stress…!!! — 5 September 2009 @ 03:09


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: