Kuliah bersama Dosen Stress…!!!

3 October 2008

Tugas 02 – 04

Filed under: Tugas — danangjunaedi @ 13:08

Tugas 02 & Tugas 03 Paling lambat dikumpulkan tanggal 13 Oktober 2008 jam 15:00

Tugas 04 paling lambat dikumpulkan tanggal 18 Oktober 2008 jam 12:00

Tugas 02

1. Buat program untuk mencetak kalimat-kalimat seperti di bawah ini :

Sewaktu kita menjadi ”murid”, ingatlah kata bijak berikut ini

———————————————————————————————-

Berbahagialah jika Anda tahu bahwa Anda tidak tahu”

Karena jika kita sadar bahwa kita tidak tahu

Maka kita akan belajar apa saja untuk menjadi tahu

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Press Any Key To Continue //jika anda menekan sembarang tombol akan tampil

Sukses tidak diukur dari posisi yang dicapai seseorang dalam hidup, tapi dari kesulitan-kesulitan yang berhasil diatasi ketika berusaha meraih sukses (BOOKER T WASHINGTON)

^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^^

Press Any Key To Stop //jika anda menekan sembarang program akan berhenti

(score : 10)

2. Buat program untuk mengetahui kode ASCII dari sebuah nilai yang anda masukan melalui media input, sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut

(score : 20)

3. Buat program untuk menghitung akar dari sebuah nilai bilangan bulat yang anda inputkan melalui media input, sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut

(score : 20)

4. Buat program untuk menghasilkan tampilan seperti dibawah ini

(score : 20)

5. Tulis dan jelaskan hasil running program di bawah ini, bagaimana jika tipe datanya diubah menjadi integer atau tipe data lain apakah ada perbedaan? Atau ada yang harus diperbaiki? Jelaskan !

#include<stdio.h>

#include<conio.h>

void main()

{

float A,B,C,D,E,F;

float Hasil1, Hasil2;

clrscr();

printf(“Masukan Nilai A : “);scanf(“%f”,&A);

printf(“Masukan Nilai B : “);scanf(“%f”,&B);

printf(“Masukan Nilai C : “);scanf(“%f”,&C);

printf(“Masukan Nilai D : “);scanf(“%f”,&D);

printf(“Masukan Nilai E : “);scanf(“%f”,&E);

printf(“Masukan Nilai F : “);scanf(“%f”,&F);

Hasil1 = A + B + C + D + E / F;

Hasil2 = (A + B + C + D + E)/ F;

printf(“%5.2f + %5.2f + %5.2f + %5.2f + %5.2f / %5.2f = %5.2f \n”,A,B,C,D,E,F,Hasil1);

printf(“(%5.2f + %5.2f + %5.2f + %5.2f + %5.2f) / %5.2f = %5.2f \n”,A,B,C,D,E,F,Hasil2);

getch();

}

(score : 30)

Tugas 03

1.Buat program untuk menghitung rata nilai dari seorang mahasiswa dengan rumus 30%UAS + 25%UTS + 15% Quiz + 10% Tugas + 15%Presentasi + 5%Kehadiran, kemudian tentukan grade nilainya dengan aturan:

Nilai_Akhir ≥ 85 : grade = A

75≤Nilai_Akhir<85 : grade = B

65≤Nilai_Akhir<75 : grade = C

55≤Nilai_Akhir<65 : grade = D

Nilai_Akhir<55 : grade = E

Serta tentukan kelulusan dari mahasiswa tersebut dengan ketentuan jika gradenya < C maka statusnya adalah FAIL, sebaliknya jika grade nilainya ≥ C maka statusnya adalah PASS (score : 50)

2. Buat program untuk menampilkan informasi angka yang dimasukan melalui media input

Contoh jika user menekan angka 1 maka dilayar akan muncul “Anda menekan angka satu”, jika user menekan angka 0 maka dilayar akan muncul “Anda menekan angka nol”, jika user menekan selain angka akan muncul “Sumpeh bhooo gue kagak tau apa itu” (score : 15)

3. Buat program untuk menampilkan informasi angka yang dimasukan melalui media input termasuk bilangan prima dan tentukan juga angka tersebut termasuk bilangan genap atau bilangan ganjil(score : 35)

Tugas 04

Dengan memanfaatkan proses looping buat program berikut ini

  1. Menampilkan kode ASCII untuk nilai 1 sampai dengan 300 (score : 15)

  2. Menampilkan nilai romawi 1 sampai dengan 1000 (score : 30)

  3. Menghitung rata nilai dari beberapa orang mahasiswa dengan rumus 30%UAS + 30%UTS + 15% Quiz + 20% Tugas + 5%Kehadiran, kemudian tentukan grade nilainya dengan aturan:

Nilai_Akhir ≥ 85 : grade = A

75≤Nilai_Akhir<85 : grade = B

65≤Nilai_Akhir<75 : grade = C

55≤Nilai_Akhir<65 : grade = D

Nilai_Akhir<55 : grade = E

Serta tentukan kelulusan dari mahasiswa tersebut dengan ketentuan jika gradenya < C maka statusnya adalah FAIL, sebaliknya jika grade nilainya ≥ C maka statusnya adalah PASS. Jika user tidak akan melakukan input data nilai mahasiswa lagi maka kemudian akan tampil hasilnya dalam bentuk tabel seperti dibawah ini

===============================================

| No | NPM   |Nama |UAS |UTS |QUIZ |TUGAS|HADIR|N.AKHIR|GRADE|STATUS|

===============================================

| 1   |08001 | ADI    |50    |50   |50    |50        |50      |50         |E        | FAIL   |

| 2   |08002 | IDA     |85   |85   |85    |85        |85      |85         |A       | PASS   |

| dst |

===============================================

(score : 30)

4. Membuat tabel sinus dan cosinus mulai dari derajat 0 sampai 360 seperti di bawah ini dengan menggunakan looping

Derajat

Sinus(Derajat)

Cos(Derajat)

0

0.00000

1.00000

30

0.50000

0.86603

60

0.86603

0.50000

90

1.0000

0.00000

120

0.86603

-0.50000

150

0.50000

-0.86602

180

0.00000

-1.0000

210

-0.50000

-0.86603

240

-0.86602

-0.50000

270

-1.0000

-0.00000

300

-0.86603

0.50000

330

0.50000

0.86602

360

-0.00000

1.0000

(score : 25)

Bonus Nilai (score : 50):dengan memanfaatkan proses selection n looping buat program untuk kasus berikut ini

Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya, Coklat merk Golden Queen mengadakan promosi dengan memberikan satu coklat gratis bila menukarkan 2 bungkus coklat tersebut. Buat program untuk menghitung berapa jumlah keseluruhan coklat gratis yang diperoleh seorang pembeli bila dia mempunyai X buah bungkus coklat (bungkus dari coklat gratis yang diperolehnya bisa ditukarkan dengan coklat gratis kembali). Contoh hasil running program jika pertama kali jumlah bungkus coklat yang dimiliki adalah 25 bungkus :

Jml Bungkus

Coklat Gratis

Sisa Bungkus

Total Bungkus

25

12

1

13

13

6

1

7

7

3

1

4

4

2

0

2

2

1

0

1

Jumlah coklat gratis yang diperoleh adalah : 24 coklat

2 Comments »

  1. pak tutor 4 teh dkmpulin tgl 18 gtu???

    Comment by vika — 11 October 2009 @ 12:29


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: